LUAR BIASA FESTIVAL ENTIKONG SANGAT MERIAH

Event Crossborder Festival Wonderful Indonesia

DISPORAPAR Sanggau – ENTIKONG – Festival Crossborder Entikong 2019 yang dilaksanakan di PLBN Entikong tanggal 23 dan 24 Februari 2019 telah dilaksanakan.

Pada hari pertama (23/2) pelaksanaan, Artis Cita Citata mampu membuat ribuan pengunjung  bergoyang. Nama besar Cita Citata terbukti mampu menjadi daya tarik. Bahkan penonton yang berasal dari Indonesia dan Malaysia sudah berdatangan ke PLBN Entikong sejak siang. Panas terik sekitar PLBN tidak mampu menghalangi antusiasnya penonton.

Kabid Pemasaran Area III Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Sapto Haryono mengaku senang dengan sambutan penonton.

“Penontonnya luar biasa sekali. Ramai dan tertib. Kita berharap event seperti ini bisa dimanfaatkan pemerintah daerah atau masyarakat. Karena dari Kemenpar, kita bisa memberikan event ini. Tapi masyarakat dan pemda harus memanfaatkannya dengan baik. Terutama mengenalkan potensi daerah,” paparnya.

KADIS PORAPAR Sanggau dalam sambutanya juga sangat mendukung dan berterima kasih kepada Kementrian Pariwisata yang telah menyelenggarakan Festival Entikong ini.

“Sanggau ini merupakan Kabupaten yang sangat strategis, berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, jalur Trans Kalimantan antara Kalbar dan Kalteng melewati Jembatan Kapuas Tayan, Jalur antar Kabupaten ke Propinsi. Lima tahun yang lalu saya baru menjabat Kepala Dinas Pariwisata dan berkunjung ke Kementrian dan pertama kali saya bertemu dengan Pak Sapto, beliau bertanya ada kartu nama tidak, masa mau jual Pariwisata tidak ada kartu nama, sehingga saya kemana-mana bawa kartu nama,”paparnya.

Pada hari kedua (24/2)  Festival Entikong berlangsung semakin meriah. Bintang tamu, Tika Zein Artis Bintang Pantura Indosiar , mampu membakar suasana dengan ciri khas musik koplo yang dibawanya.

Festival Crossborder Entikong 2019 menghadirkan banyak keseruan. Event yang berlangsung 23-24 Februari, juga melibatkan masyarakat lewat berbagai aktivitas. Salah satunya, belajar merajut oleh KUB Bageri. Kegiatan ini dilakukan di stand Dekranasda Sanggau.

KUB Bageri atau Kelompok Usaha Bersama Batas Negeri Indonesia adalah kelompok yang menggerakkan UMKM di Entikong. Yang menarik, KUB Bageri didirikan anak-anak muda. Hal ini disampaikan pengurus KUB Bageri Wahyu Widayati.

Diluar Area PLBN Entikong terlihat Pelaku UKM sepanjang jalan menuju ke PLBN Entikong yang menjual berbagai produk seperti baju, kuliner, makanan khas, mainan anak  dan lain lain yang sangat diminati dan dipadati oleh para pengunjung. sehingga Event ini sangat bermanfaat untuk mengangkat Pelaku Ekonomi Menengah Kebawah.

Dan menurut rencana akan diadakan Festival Kopi yang akan dilaksanakan pada tanggal 23-24 Maret mendatang di Perbatasan Entikong.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung mengatakan, Kementerian Pariwisata akan terus menggali potensi yang ada di border area.

“Festival Crosaborder Entikong ini menjadi gebrakan awal tahun 2019. Masih banyak kegiatan yang akan kita hadirkan. Masih ada rangkaian acara untuk menggali potensi border tourism. Juga menggairahkan ekonomi masyarakat,” tutur Adella, dibenarkan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku senang dengan kehebohan yang tercipta di PLBN Entikong.

“Ini artinya event yang kita tampilkan berdampak positif. Karena mampu menarik banyak orang. Beberapa diantaranya adalah wisatawan crossborder. Inilah yang membuat crossborder menjadi andalan kita untuk merealisasikan target kunjungan 20 juta wisman tahun 2019,” katanya.(*)

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.