Sumber Air Panas Bumi (Sipatn Lotup)

Jangkang, DISPORAPAR Sanggau – Salah satu Objek Wisata Alam di Kabupaten Sanggau yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah Sipatn Lotup. Cerita Air Sipatn Lotup meragam mulai dari cerita yang mengandung mistis sampai sampai Airnya yang bisa untuk menyembuhkan dari segala penyakit. Secara geologis pulau Kalimantan tidak mempunyai gunung berapi sehingga sumber air panas tersebut berasal dari mata air yang dipanaskan oleh panas bumi (geotermal). Seperti diketahui, semakin dalam letak batu-batuan di dalam perut bumi, semakin meningkat pula temperatur batu-batuan tersebut. Air merembes ke dalam kerak bumi yang sangat dalam, dan dipanaskan oleh permukaan batu yang panas. Air yang sudah dipanaskan keluar berupa sumber air panas.

Nama “Sipatn Lotup” berasal dari bahasa Dayak Jangkang. “Sipatn” berarti sungai atau aliran sungai dan “Lotup” berarti panas. Sehingga masyarakat di sana menyebutnya “Ai Sipatn Lotup” atau sungai air panas. Keunikan sumber air panas Sipatn Lotup ini berasal dari mata air yang di panaskan oleh panas bumi (geothermal) dengan temperatur 52-55 derajat Celsius. Kondisi air yang sangat jernih dan panas, Sangat cocok jika dikembangkan menjadi Tempat Pemandian Air Panas.

Jalur Transportasi

Sipatn Lotup terletak di Kampung Peruntang Desa Sape, Kecamatan Jangkang Kabupaten Sanggau. Untuk menuju kesana ada dua jalur darat. Jalur pertama dari kota sanggau ambil arah dari simpang jembatan semuntai menuju kedukul/ Kecamatan Mukok terus sampai  diBalai Sebut Kecamatan Jangkang dengan jarak 70 Km dari Kota Sanggau. Jalur kedua melalui simpang tiga tanjung, menuju Kecamatan Kembayan  dan masuk simpang ke Kecamatan Jangkang.

Cerita penemuan Air Panas Sipatn Lotup dimulai sejak 62 tahun. Menurut cerita dari salah satu tokoh Desa Sape, Lukas Singku bercerita bahwa dahulu ketika kakeknya  yang sedang mencari ikan di sungai dengan cara memasang perangkap ikan atau bubu menurut bahasa mereka. Kakek mereka jika kemana-mana baik berburu atau mencari ikan selalu membawa anjingnya. Tiba-tiba anjingnya menggonggong terus menerus, didekatinya suara anjingnya dan mendapatkan seekor kijang yang telah mati. Dibawanya kijang tersebut ke rumahnya. Mereka heran kenapa kijangnya mati tanpa ada luka diseluruh badanya. Sehingga menyebarlah cerita itu sampai ke sanggau. Suatu ketika ada rombongan pengunjung dari daerah mengkiang, mereka membawa salah satu orang yang sakit parah. Mereka mendirikan pondok dan menginap selama tujuh hari tujuh malam disekitar air panas. Dan ajaib orang tersebut sembuh. Awal mula dari situlah masyarakat sipatn lotup berinisiatif untuk membersihkan kolam air panas itu supaya yang berkunjung ketempat itu lebih mudah dan nyaman. Cerita Air Sipatn Lotup bisa menyembuhkan penyakit menyebar luas sehingga jangan heran ketika hari-hari libur banyak pengunjung dari berbagai desa dan kota disekitar Sanggau berkunjung kesana untuk mandi dan ada yang mempunyai hajat untuk menyembuhkan penyakitnya. Bahkan sekarang dari luar kabupaten dan Luar  Pulau seperti jawa datang untuk berobat di Air Sipatn Lotup. Percaya atau tidak, tergantung keyakinan anda.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.