PEMBENTUKAN KELOMPOK KERJA LOKAL PARIWISATA

KKLP-KABUPATEN SANGGAU

DISPORAPAR Sanggau – Dalam mengembangkan Sanggau sebagai Kabupaten yang sangat strategis yang berbatasan dengan Negara Malaysia dan Bruney, dan dalam rangka pelaksanaan dan pengembangan kepariwisataan Kabupaten Sanggau ,diperlukan suatu lembaga yang menaungi para pelaku industri pariwisata Kabupaten Sanggau guna menunjang dan melaksanakan amanat Nawacita Presiden Republik Indonesia dalam meningkatkan sektor kepariwisataan. DISPORAPAR Sanggau menyelenggarakan rapat pembentukan (KKLP) KELOMPOK KERJA LOKAL PARIWISATA KABUPATEN SANGGAU. Banyak yang belum mengenal istilah KKLP padahal Organisasi ini sangat penting dalam upaya pengembangan terutama di sektor Pariwisata.

Pengertian dan penjelasan KKLP

KKLP adalah singkatan dari Kelompok Kerja Lokal Pariwisata. KKLP boleh menggunakan nama lain yang sebagai nama organisasinya yang memiliki kesamaan sifat dan kinerja.

KKLP Kabupaten Sanggau adalah KKLP yang didirikan khusus untuk wilayah Kabupaten Sanggau. Seluruh organisasi kepariwisataan yang berada di Kecamatan dan Desa bernaung dibawah naungan KKLP Kabupaten dan mendapat pembinaan serta dorongan kinerja berbasis manajemen serta didukukung keberadaannya oleh pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintahan Desa yang berberbentuk organisasi non pemerintah namun memiliki hubungan sangat erat dengan pemerintah dan menunjang kinerja pemerintahan. KKLP Kabupaten berada dan berhubungan langsung dengan Pemerintah Kabupaten serta melakukan subkoordinasinya kepada KKLP di Kecamatan dan Pemerintah Kecamatan serta Pemerintahan Desa sesuai tingkatannya.

KKLP sendiri adalah organisasi non profit. Non profit artinya bukan sebuah lembaga usaha tetapi sebuah lembaga pembinaan dan pelaksana kegiatan even-even yang meningkatkan mutu kepariwisataan daerah. Dalam hal ini KKLP menunjang program pemerintah melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga. KKLP menaungi seluruh pelaku pariwisata yang berada di Kabupaten Sanggau termasuk Pariwisata Kecamatan dan Desa.

Setiap Pelaku Usaha Pariwisata di Kabupaten Sanggau diharuskan menjadi anggota KKLP Kabupaten Sanggau dengan didukung oleh Perda dari Pemerintah Daerah setempat. Pelaku Pariwisata adalah seluruh komponen stakeholder yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung dalam industri pariwisata dan mendapat keuntungan baik langsung maupun tidak melalui sektor tersebut untuk menunjang pendapatan daerah. Sedangkan untuk Anggota KKLP terdiri dari para pelaku pariwisata Kabupaten Sanggau.

Hadir pelaku -pelaku Pariwisata dari Travel Agen, Tourguide, Pelaku usaha kuliner, Pegiat seni, Pokdarwis dan masih banyak lagi.dan pada Rapat Pertama telah terbentuk Team inti dari berbagai latar belakang bidang yang akan memilih dalam pembentukan KKLP tersebut yang dipimpin langsung oleh Kabid Pariwisata Ir.Lusiana.(Aula DISPORAPAR,19.12.2017)

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.