Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kab. Sanggau menghadiri kegiatan Nyeser Topeng Ujup Taba Pon’t pada Tanggal 28 Maret 2022

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kab. Sanggau menghadiri kegiatan Nyeser Topeng Ujup Taba Pon’t pada Tanggal 28 Maret 2022, di Dusun Syam dilakukan di Desa Temiang Taba, Kec. Balai Batang Tarang, Kab. Sanggau.

Acara Nyeser diinisiasi oleh masyarakat dusun syam bersama tokoh adat dusun. Hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD Kab. Sanggau (Dapil 3), Kabid Kebudayaan Dikbud kab Sanggau, Sekcam Balai, Waka Polsek Balai, Ketua DAD Kec. Balai, Kepala Desa Bale Ingin, Babinsa Temiang Taba, ketua TP PKK Desa Temiang Taba, Kepala Dusun dan Ketua RT serta masyarakat di 4 kewilayahan.

Ritual Nyeser merupakan acara ritual yang diselengggarakan oleh masyarakat Dayak Sub Suku Taba, yang berada di Dusun Syam dan Dusun Manuk Desa Temiang Taba, Kec. Balai Batang Tarang.

Ritual ini bertujuan untuk memohon keselamatan, keamanan dan kedamaian untuk warga dusun Syam khususnya dan Desa Temiang Taba umumnya. Melalui serangkaian prosesi ritual Nyeser, diharapkan seluruh warga sehat, aman dan damai. Kadis Porapar dalam sambutanny menghimbau dan mengajak kepada masyarakat dusun syam untuk membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Komentar ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.