Kampung Sentana

Sanggau Kapuas, DISPORAPAR Sanggau – Sanggau merupakan sebuah kerajaan melayu yang berdiri sejak abad ke 4 Masehi. Sanggau berasal dari nama tanaman yang tumbuh di tepi sungai daerah tempat berdirinya kerajaan itu, yakni sungai sekayam. Sungai sekayam merupakan tempat merapatnya rombongan yang di pimpin oleh Dara Nante seorang  perempuan ningrat dari kerajaan sukadana. System pemerintahan kesultanan sanggau mempunyai undang-undang yang di dasarkan atas hukum ada’a dan dan hukum islam, selain itu kesultanan sanggau juga memiliki lembaga mahkamah syariat atau raad agama.

Front Kampung Sentana

Pada sore hari  Di sepanjang area keraton terdapat berbagai  jenis jajanan khas sanggau dan terdapat pula tempat nongkrong  keluarga atau sebagai tempat untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga  yang biasa di sebut dengan MK (Muara Kantuk), berseberangan dengan keraton sanggau atau muara kantu terdapat  kampung Sentana, Kampung Sentana merupakan sebutan lain dari kelurahan Tanjung Sekayam yang mana di kampung Sentana ini terdapat Water Front dan beberapa buah Pondopo,tempat ini sangat nyaman di jadikan tempat untuk menikmati suasana Sungai Kapuas pada sore sambil menunggu datangnya sun set bersama kelurga, teman maupun kerabat.pada malam hari anda bisa menikmati keindahan mesjid jami dari kampung Sentana, mesjid jami merupakan mesjid peninggalan zaman sultan Ayub yang di dirikan di tepian sungai Kapuas, mesjid ini sangat indah jika di lihat pada malam hari dari kampung Sentana.

Kapal Penumpang Bandong

Di kampung Sentana ini tersedia berbagai arena olah raga dan bermain salah satunya  lapangan Volly, lapangan Tenis dan arena untuk olahraga seperti  jogging dan bersepeda, untuk  permainan air kampung Sentana menawarkan permainan Sepeda air, dan baru-baru ini di kampung Sentana menghadirkan  kapal penumpang bandong dan Lereng Becawis (Kereta Hias) yang akan yang akan membawa para pengunjung mengelilingi dan menelusuri sungai Kapuas.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.